Rekomendasi Situs Terbaik untuk Belajar Fotografi


Saya mulai tertarik dan kemudian menekuni hobi fotografi kira-kira sejak dua tahun lalu. Hingga kemudian akhir Agustus 2010 saya mulai lebih serius belajar dengan membeli kamera DSLR kelas entry level (untuk pemula), yaitu Canon EOS Kiss X4 double zoom lens kit atau yang lebih dikenal sebagai Canon EOS 550D. Sudah jadi rahasia umum kalau hobi fotografi adalah hobi yang mahal, karena biasanya pemilik hobi ini akan terus menerus merasa tidak puas dengan hasil jepretannya sehingga akan selalu mengupgrade gearnya (kamera + lensa ). Tapi percayalah, bahwa orang di belakang kamera, alias si fotografer, adalah yang terpenting dari karya fotografi itu sendiri. Jika anda belum bisa menghasilkan foto yang bagus dengan lensa kit, saya rasa anda belum saatnya untuk mengganti lensa anda. Dengan filosofi yang sama, akhirnya saya tidak mengganti lensa kit saya :D.  
Berikut ini adalah foto random hasil jepretan dari kamera saya, semuanya dengan lensa kit , kecuali empat yang terakhir adalah dengan menggunakan lensa makro Canon Ef-S USM 60 mm f/2.8. Secara umum, saya tertarik pada semua jenis fotografi, baik itu portrait, landscape, silluet, panning, food, ataupun makro. untuk dua jenis fotografi yang terakhir itulah akhirnya saya membeli lensa makro beberapa bulan yang lalu, yang ternyata cukup menguras kantong. Sedangkan lensa kit saya, tetap jadi andalan di saat melakukan pemotretan jenis lainnya :). Foto-foto lain bisa anda lihat di halaman Galeri Foto.
Bahasan tentang ilmu fotografi tidak akan dibahas secara detail di blog ini, karena ada di luar konsep blog ini. Bagi anda yang sedang belajar fotografi anda bisa mencarinya lewat search engine. Ada banyak situs di internet untuk belajar fotografi, tapi menurut penilaian saya situs belajarfotografi.com adalah situs belajar fotografi yang terbaik, untuk anda yang belajar fotografi mulai dari nol. perhatikan bagaimana konsep ISO dijelaskan secara sederhana sebagai berikut:
*****************

Memahami Konsep ISO

Secara definisi ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhada cahaya.

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang setting ISO di kamera kita (ASA dalam kasus fotografi film), coba bayangkan mengenai sebuah komunitas lebah.

  1. Sebuah ISO adalah sebuah lebah pekerja. Jika kamera saya set di ISO 100, artinya saya memiliki 100 lebah pekerja.
  2. Dan jika kamera saya set di ISO 200 artinya saya memiliki 200 lebah pekerja.

Tugas setiap lebah pekerja adalah memungut cahaya yang masuk melalui lensa kamera dan membuat gambar. Jika kita menggunakan lensa identik dan aperture sama-sama kita set di f/3.5 namun saya set ISO di 200 sementara anda 100 (bayangkan lagi tentang lebah pekerja), maka gambar punya siapakah yang akan lebih cepat selesai?

Secara garis besar:

  1. Saat kita menambah setting ISO dari 100 ke 200 (dalam aperture yang selalu konstan – kita kunci aperture di f/3.5 atau melalui mode Aperture Priority – A atau Av), kita mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah foto di sensor kamera kita sampai separuhnya (2 kali lebih cepat), dari shutter speed 1/125 ke 1/250 detik.
  2. Saat kita menambah lagi ISO ke 400, kita memangkas waktu pembuatan foto sampai separuhnya lagi: 1/500 detik.
  3. Setiap kali mempersingkat waktu esksposur sebanyak separuh, kita namakan menaikkan esksposur sebesar 1 stop.

Anda bisa mencoba pengertian ini dalam kasus aperture, cobalah set shutter speed kita selalu konstan pada 1/125 (atau melalui mode Shutter Priority – S atau Tv), dan ubah-ubahlah setting ISO anda dalam kelipatan 2; missal dari 100 ke 200 ke 400 …dst, lihatlah perubahan besaran aperture anda.

**********

Anda juga bisa mempelajari ilmu-ilmu fotografi lainnya. Sampai dengan artikel ini ditulis, berikut ada artikel-artikel yang tersedia di situs tersebut. Dan akhirnya saya ucapkan, selamat bergabung di dunia fotografi, saya tunggu karya-karya hasil jepretan anda 🙂

13 comments on “Rekomendasi Situs Terbaik untuk Belajar Fotografi

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s