Sharing Pengalaman Studi di Jepang (13): Ramadhan di Tokyo


Brrt…brtt…brrtt… suara ketai yang saya set dalam mode getar seakan merengek-rengek menandai ada sms yang masuk. Jam 22.22 JST sms dari seorang sahabat “ Assalamualaikumwrwb. Hasil keputusan isbat ICJ memutuskan 1 Ramadhan besok rabu 11 Agustus 2010, semoga tahun ini ramadhan kita yang terbaik”, demikian bunyi sms yang saya terima dari mas Pandji Prawisuda, senior saya di Tokyo Institute of Technology yang memberitahukan tentang awal puasa Ramadhan di Jepang berdasarkan hasil sidang isbat Islamic Center Japan.

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan di negara yang mayoritas penduduknya tidak beragama seperti Jepang adalah tantangan tersendiri. Terlebih tahun ini masa puasa ramadhan bergeser ke arah puncak musim panas, yang artinya lama waktu puasa lebih panjang dari tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan awal puasa tahun lalu, lama puasa pada awal puasa tahun ini sekitar 25 menit lebih lama. Ditambah lagi suhu udara yang panas garang menghadang setiap aktifitas di luar gedung. Jika dibandingkan dengan lama puasa di Indonesia, maka lama puasa di Jepang sekitar 1.5 jam lebih lama. Berdasarkan tabel waktu sholat yang dikeluarkan oleh Islamic center Japan untuk wilayah Tokyo dan sekitarnya sholat shubuh tanggal 11 Agustus 2010 dimulai pukul 3.21 sedangkan sholat maghribnya 18.35. Tidak ada gegap gembita suara petasan di sekeliling, kecuali suara letusan hanabi. Tidak ada suara merdu orang mengaji di surau atau di mesjid kecuali jika memutar sendiri lewat komputer atau iphone. Momen-momen seperti ngabuburit di sepanjang jalan ramai sambil berbelanja jajanan dan kolak, atau rame-rame tidur di masjid untuk menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka, barangkali hanya ada di alam khayalan saat kita berada di Jepang. Setiap individu mungkin mengalami pengalaman yang berbeda saat menjalankan ibadah puasa ramadhan, namun secara umum semua orang tetap sibuk dengan aktifitas masing-masing. Saya sendiri menghadapi ujian kelulusan master saya di hari ke-5 Ramadhan tahun ini, sehingga bisa dipastikan kesibukan luar biasa yang saya alami.

Hari pertama terlewati dengan sangat berat, karena saya harus revisi laporan thesis saya dan mengirimkannya ke semua penguji di hari itu, yang merupakan deadline pengiriman laporan. Jam 6 Sore ada meeting laboratorium di lantai 2 gedung laboratorium saya. Student room laboratorium saya terletak di lantai 7 atau lantai teratas gedung tersebut. Karena kesibukan yang luar biasa di siang harinya saya lupa belum mengirim file slide presentasi ke server lab via e-mail, sehingga saya harus menuju ruang saya di lantai 7 sebelum ke ruang presentasi untuk mengcopy file. Sialnya, sesuai pemberitahuan di e-mail lab jam 5JST lift dimatikan untuk maintenance jelang libur musim panas, sehingga saya harus menuju lantai 7 gedung itu dengan naik tangga dalam keadaan sedang berpuasa 14 jam lebih. Itu untuk pertama kalinya selama hampir dua tahun di Jepang saya naik ke laboratorium saya lewat tangga. Waktu maghrib terlewati dengan sukses tanpa sempat memakan makanan buka puasa, setelah sholat maghrib langsung menuju ruang meeting untuk latihan presentasi ujian master saya. Meeting dan diskusipun selesai pukul 21.00 JST. Praktis sejak jam itu saya baru sempat mencari makan, beruntung ada teman laboratorium yang berbaik hati membagi nasi instantnya ke saya. Hari pertama sukses dilewati dengan berpuasa selama 18 jam!. Hal yang kurang lebih sama berulang beberapa kali, di puasa Ramadhan tahun ini. Ada yang lebih ekstrim ketika selama dua hari berturut-turut saya terlewat waktu sahur, sehingga harus berpuasa 20 jam berturut-turut dalam dua hari. Ramadhan tahun ini adalah ramadhan saya yang kedua di Jepang, tapi sungguh tantangannya benar-benar berbeda antara tahun ini dengan tahun sebelumnya.

One comment on “Sharing Pengalaman Studi di Jepang (13): Ramadhan di Tokyo

Silahkan tuliskan Komentar anda

