Berwisata Melihat Warna-warni Indah Daun di Musim Gugur


秋が来ただよ。。。、何か早いな!! Ketika dedaunan berubah warna menjadi warna-warni indah. Ketika  suara serangga yang biasa terdengar di sebelah apato ataupun asrama sudah tidak lagi terdengar. Ketika suhu udara tidak sungkan-sungkan lagi merayap turun mendekati titik beku H2O. Itulah musim yang kini menyelubungi setiap jengkal tanah di negeri matahari terbit ini.  Musim yang tidak lain adalah musim gugur, yang sangat dinanti banyak orang, karena udaranya sejuk, badan terasa segar setiap saat. Terik matahari pun tidak begitu panas dan udara juga tidak begitu dingin. Sama halnya pada saat musim semi, dua musim yang selalu dinanti-nantikan.  Sesuai namanya, di musim ini daun-daun akan berguguran satu persatu di awal musim gugur ini sampai meranggas sempurna pada saat musim dingin dimulai.Ada suatu fenomena unik yang terjadi di musim ini, yaitu terjadinya perubahan warna daun menjadi warna warni cantik yang sungguh mempesona. Bayangkan bila tiba-tiba dedaunan yang berada di sekitar kita berubah warna dari warna hijau tua di musim panas menjadi merah maroon, jingga atau kuning di musim gugur tentu akan sangat indah bukan 🙂 .

Bagaimana dedaunan berubah warna

Daun pepohonan dan tanaman-tanaman lain mengandung tiga pigmen utama yakni: karoten, antosianin, dan pigmen fotosintetik (klorofil), yang menangkap energi matahari untuk membuat makanan bagi tanaman. Sebagai pigmen yang paling melimpah, klorofil merupakan zat yang memberikan warna hijau bagi daun di musim semi dan musim panas.

Zat kimia lain pada daun, auksin, mengontrol sekelompok sel tertentu pada dasar masing-masing batang daun, yang disebut lapisan absisi. Selama musim pertumbuhan, auksin mencegah lapisan ini terbentuk sempurna dan memblokir tabung-tabung internal kecil yang menghubungkan masing-masing daun dengan bagian sistem sirkulasi lainnya pada pepohonan.

Akan tetapi, pada musim gugur, hari-hari yang lebih dingin dan lebih singkat memicu terhentinya produksi auksin, sehingga memungkinkan lapisan absisi tumbuh dan menghambat sirkulasi air, nutrien dan gula ke daun. Ketika ini terjadi, klorofil mengalami disintegrasi dengan cepat, sehingga membiarkan karoten menampakkan warnanya seperti warna kuning pada daun maple, pohon yang berdaun ringan (aspen), dan daun pohon birch. Sementara itu, antosianin memberikan warna oranye dan merah bagi pohon maple, pohon sumacs dan pohon ek. Jika sinar matahari kurang, antosianin tidak begitu aktif secara kimiawi dan daun lebih berwarna oranye atau kuning dibanding berwarna merah.

Musim gugur di Jepang, banyak hal unik yang dapat kita nikmati keindahannya. Kouyou , Momiji , atau daun merah yang indah menawan merupakan satu dari sekian banyak daya tarik musim gugur. Tidak hanya itu, di Jepang, ada banyak event yang menjadi ciri khas musim gugur. Makanan tradisional pun banyak disuguhkan ketika musim gugur.

Image
Kebiasaan unik di Musim Gugur
Kalau kita berbicara tentang musim gugur di Jepang, ada beberapa kebiasaan unik yang erat kaitannya dengan “selera makan“ dan “kebiasaan membaca“ ala musim gugur.
Dalam bahasa aslinya, ”食欲の秋” (Shoku yoku no aki) yang memiliki arti “selera makan musim gugur” dan “読書の秋” (Dokusho no aki) yang memiliki arti “kebiasaan membaca di musim gugur”.
Bagi sebagian besar masyarakat Jepang, musim gugur merupakan musim yang cocok untuk berkumpul dengan keluarga dan makan bersama. Selain itu, waktu malam selama musim gugur terasa sedikit lebih panjang, sehingga cocok sekali dimanfaatkan untuk melakukan kebiasaan membaca buku-buku yang bermanfaat. Bukan menjadi hal aneh ketika banyak orang-orang Jepang yang memanfaatkan waktu malam di musim gugurnya dengan membaca buku, novel, dan lainnya.
Makanan khas Musim Gugur
Makanan yang banyak diminati selama musim gugur diantaranya, yaitu : sanma (ikan); jenis buahan seperti jeruk, apel, anggur, nashi pear; jenis sayuran seperti jamur matsutake, jamur shiitake, ubi merah, dan kacang-kacangan.
Biasanya, jenis-jenis makanan di atas sering menjadi idola yang disajikan dalam acara makan bersama di musim gugur. Namun, berkat kecanggihan teknologi penyimpanan makanan, banyak supermarket di Jepang yang mampu menjual bahan-bahan makanan musim gugur selama satu tahun penuh. Image
Advertisements

One comment on “Berwisata Melihat Warna-warni Indah Daun di Musim Gugur

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s