Tips SEO (1): meningkatkan google pagerank dengan berkomentar


Salah satu skill dasar yang harus dimiliki oleh webmaster maupun blogger dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan ke website atau blog yang dikelolanya adalah dengan menguasai SEO, jika belum faham mengenai pengertian SEO silahkan baca terlebih dahulu di blog ini. Google sebagai search engine terkemuka yang paling banyak digunakan oleh user internet memberikan peringkat situs atau blog yang kita kenal dengan sebutan Google Pagerank.  Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi cara termudah adalah dengan memiliki backlink sebanyak mungkin. Semakin tinggi pagerank situs yang menjadi backlink kita semakin besar pula

Berkomentar di website atau blog adalah salah satu cara termudah dan ampuh untuk mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jenis website atau blog tempat kita berkomentar apakah tergolong dofollow atau nofollow. Pengertian dofollow adalah menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Sedangkan Pengertian Nofollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Dengan demikian berkomentar di website atau blog dofollow akan memberikan backlink ke situs atau blog yang anda miliki. Berkomentar di blog yang saya miliki ini berarti anda mendapatkan backlink dari blog dengan pagerank 2   🙂

Tata Krama Berkomentar

Seperti halnya aktifitas keseharian di dunia nyata yang harus memperhatikan tatakrama, di dunia maya hal inipun wajib diperhatikan. Dalam berkomentar, rambu-rambu berkomentar berikut ini harus Anda pahami sebelumnya:

  • Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel yang bersangkutan. Anda juga bisa menanggapi komentar-komentar yang sudah ada sebelumnya, namun sekali lagi, stay focus.
  • Hargai pendapat dari pemilik blog dan orang lain. Tidak semua orang mau menerima komentar yang bersifat negatif (tidak bermaksud menyindir kasus yang baru-baru ini terjadi di dunia blogosphere Indonesia loh ) dan tidak semua orang dapat menerima komentar yang bernada kasar, apabila yang ditulis menggunakan bahasa monyet Ingat, komunikasi yang terjadi di sini hanya berupa kata-kata, sehingga segala sesuatunya dapat menjadi bias.
  • Do NOT SPAM! Lah berkomentar tidak sesuai topik saja sebaiknya dihindari, apabila kalau terang-terangan berniat nyepam. Pintar-pintarlah untuk membedakan antara “mengiklankan” dengan “menyarankan / mereferensikan”, jangan seperti seorang pembicara seminar (bukan FN kok) yang mengajarkan bahwa mengiklankan produk di blog orang lain bukanlah spam karena di situ kita sedang berkomentar. Cape dehhhh
  • Hindari menyertakan signature yang berupa DAFTAR situs-situs Anda. Pertama, saya risih melihatnya. Kedua, orang lain juga mungkin risih melihatnya. Dan ketiga, apabila ngelirik aja orang sudah risih, boro-boro mereka bakal datang berkunjung ke situs Anda.

Jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan PageRank, perbanyaklah berkomentar di artikel atau blog yang topiknya bersesuaian dengan topik blog atau situs yang ingin Anda perbanyak backlinknya.

Teknik Implementasi Penyebaran Backlink di Blog

Setelah kita mengetahui acuan dasar berkomentar dan tempat dimana kita sebaiknya berkomentar, sekarang saatnya kita pelajari tehnik implementasinya.

  1. Gunakan kata kunci yang ditarget pada kolom Nama / Name dan situs atau halaman situs yang ingin diperbanyak backlinknya pada kolom URL.
  2. Jika Anda berkomentar lebih dari satu kali di artikel yang sama, manfaatkan untuk mencari backlink bagi situs atau halaman situs Anda yang lain.
  3. Jika Anda memiliki situs atau artikel yang berhubungan dengan topik artikel di blog tersebut, referensikan situs atau halaman artikel Anda. Tidak harus menyertakan URL-nya di bagian komentar, dengan mengikuti poin pertama di atas saja sudah cukup kok. Anda tinggal menambahkan kata-kata yang mengarahkan pembaca untuk berkunjung ke situs Anda. Dengan demikian, selain mendapat backlink, Anda juga akan mendapat tambahan pengunjung. Tapi ingat sekali lagi, bedakan antara mempromosikan dan mereferensikan. Detilnya tidak perlu saya jelaskan kan? 🙂
  4. Jangan berkomentar terlalu singkat. “Pertamax” misalnya, hehehe. Bukan apa-apa, namun apabila perbandingan antara content halaman (termasuk artikel dan komentar) dengan jumlah outbound link kurang seimbang, maka halaman blog tersebut menjadi tidak berkualitas di mata search engine. Dan apabila halaman blognya tidak berkualitas, kualitas backlink dari halaman tersebut pun turut turun pamor. Rugi sendiri kan jadinya.

DAFTAR BLOG DENGAN PAGERANK TINGGI YANG DOFOLLOW

Pagerank 6

Pagerank 5
http://heiseidemocracy.com
http://www.expertcruiser.com
http://www.shandyking.com/
http://www.gareng.net

Pagerank 4
http://ningtyasindri.blogspot.com
http://penyuonline.info
http://www.sumintar.com

Pagerank 3
http://www.blogguebo.com
http://fahry.com
http://www.penulislepas.com
http://wawanwae.blogspot.com
http://www.dexno.com
http://semarangreview.blogspot.com
http://oktasihotang.com
http://www.lutfi-rifai.web.id
http://dhimas.web.id
http://www.arhan.web.id
http://www.permanaj.net
http://idebisnisusaha.com
http://kolomkesehatan.blogspot.com
http://www.lutfigoblog.com
http://nichpakaich.net
http://bernard-notes.com
http://awan.wibawa.net
http://danasimpleman.blogspot.com
http://brahmasta.net
http://www.anomtejo.web.id
http://sebuaharti.blogspot.com
http://blog.mriza.web.id
http://utchanovsky.com

Advertisements

2 comments on “Tips SEO (1): meningkatkan google pagerank dengan berkomentar

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s