Kecepatan Akses Internet di Jepang


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat era modern. Sejak ditemukan dan diperkenalkan oleh badan pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA tahun 1969, internet telah menjelma menjadi trend baru dalam pola penyebaran informasi di dunia. Dari Los Angeles sampai Karang Deres, dari Pakistan sampai pakis wetan atau dari Perancis sampai Perempatan Ciamis tidak perduli dimanapun,bagi sebagian orang internet seakan menjadi kebutuhan pokok yang mengiringi aktifitas hidup mereka.

JIka di Indonesia angka pengguna Internet mencapai angka 25 juta orang atau sekitar 15 persen dari penduduk Indonesia, di Jepang angka pengguna internet mencapai75 persen.Hasil survei yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang menunjukkan bahwa tiga dari empat orang Jepang adalah pengguna internet. Menurut data Kementerian Komunikasi, sampai akhir tahun 2008, jumlah pengguna internet yang berusia diatas 6 tahun meningkat 2,8 juta menjadi 90,91 juta dibanding tahun sebelumnya, sementara rata-rata keseluruhan pengguna internet juga meningkat 2,3 poin menjadi 75,3 persen. Berdasarkan laporan situs berita Yomiuri Minggu (5/4), survei yang diikuti 4,515 rumah tangga ini, juga menunjukkan jumlah pengguna yang mengakses internet dengan menggunakan komputer pribadi sebanyak 82,55 juta sedangkan jumlah pengguna yang mengakses melalui telepon seluler sebanyak 75,06 juta dan yang mengakses melalui konsol game atau TV sebanyak 5,76 juta. Dalam survei terpisah mengenai rumah tangga yang mengakses internet, tingkat pengguna yang menggunakan bandwith kacepatan tinggi meningkat 5,8 poin menjadi 73,4 persen dibanding tahun sebelumnya.

Lantas bagaimana dengan kecepatan akses internet di Jepang, mungkin menjadi pertanyaan wajib bagi anda yang penasaran dengan kecepatan akses internet di Jepang. Mencoba membandingkan kecepatan akses internet di Indonesia dengan kecepatan akses internet di Jepang… hmm…. gak tega deh ngomongnya, silahkan dicek sendiri digambar-gambar berikut. Yang perlu digarisbawahi adalah tarif internet di Indonesia dan di Jepanghampir sama.Untuk mendapatkan layanan tersebut tarif perbulan yang harus dibayar (untuk koneksi internet unlimited) adalah 3800 Yen atau setara dengan 400.000 rupiah.Untuk pengguna internet yang tinggal dimansionharga sewanya lebih tinggilagi, berkisar 6000 yen per bulan, tapi tentu kualitasnya lebih tinggi.Di Jepang adabeberapa provider internet yang melayani paket internetsemisal softbank, OCN, NTT dan lain sebagainya. Coba perhatikan hasil uji bandwith terhadap provider softbankberikut:

Ada kawandari Osaka University yang menguji kecepatan akses internet di kampusnya, dengan hasilsebagai berikut:

Itu speed ke server di yokohama. Ini kalo ke server di new york

Yang ini ke server di london:

Di asrama, saya mendapatkan akses internet dari provider OCN dan NTT (Telkomnya Jepang), dengan sambungan internetJaringan fiber optic berkecepatan tinggi. Jika dibandingkan dengan provider softbank di atas, bandwith sambungan fiber optic masih lebih tinggi. Dengan kecepatan akses yang begitu tinggi, menonton film streaming High Quality tanpa terputus, menonton siaran motogp live, menonton tv Indonesia lewat sambungan internet bukanlah suatu hal yang mengherankan untuk dilakukan. Di Jepang, progress bar yang biasa muncul manakala mengakses halaman website di browser kita adalah pemandangan yang tidak biasa dijumpai. Sekali klik, detik berikutnya kita akan berada pada halaman yang dituju 🙂

Advertisements

One comment on “Kecepatan Akses Internet di Jepang

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s