Pecinta Indonesia dari Negeri Sakura


Yth. Mokh. Sholihul Hadi,

Selamat sore dari Saitama!
Saya seorang Jepang yang suka membaca berita mengenai Indonesia dengan
internet.
Saya baru membaca berita Anda di detik.com.
Selamat meraih penghargaan dari Internet Sehat!

Saya juga punya weblog, namanya Gado-Gado, isinya berita yang berkaitan dengan
Indonesia, dari politik sampai gosip.
Maka saya sudah memperkenalkan berita Anda di weblog saya.

インドネシアのブログ賞@Internet Sehat
http://gadogado.exblog.jp/8209495/

Saya pernah mengunjungi Malang pada tahun 1971 ketika saya mengajar bahasa
Jepang di Akademi Bahasa Asing P&K. 

Semoga selalu sehat walafiat!
Sekian dulu.

Nobuko SASAKI

Demikian isi email berbahasa Indonesia yang dikirimkan ibu Nobuko SASAKI kepada saya setelah saya mendapatkan award dari ICT beberapa waktu yang lalu. Ibu Nobuko SASAKI sebagaimana disebutkan dalam email di atas adalah salah seorang warga negara Jepang, dosen bahasa Indonesia di sebuah perguruan tinggi di Jepang, yang pernah berkunjung ke Indonesia tahun 1971. Kecintaan akan Indonesia beliau tuangkan dalam blog beliau yang beralamat di http://gadogado.exblog.jp. Sungguh sangat mencengangkan, ternyata beliau mengikuti perkembangan berita di Indonesia secara intens dan kemudian menaruh informasi yang beliau dapat di blog beliau. Berita yang beliau muat mulai berita politik sampai gosip artis terkini.

Ibu Nobuko SASAKI adalah salah satu potret warga negara Jepang yang cinta akan Indonesia. Saya pernah juga bertemu warga Jepang yang lain, yang pernah bepergian ke daerah Sulawesi saat berwisata ke danau Okutama. Dengan antusias beliau menuturkan keindahan alam Indonesia, dan berkeinginan kembali berwisata ke Indonesia dalam waktu dekat. Satu warga lagi yang saya temui saat Koudasai (festival kampus Tokodai), yang berkunjung ke stand Indonesia, dengan antusias bertanya tentang tempat wisata di Indonesia dan bercerita pengalaman berkunjung ke negara Indonesia beberapa waktu yang lalu. Saya juga pernah bertemu seorang ibu di OK shop (supermarket dekat asrama saya), yang masih fasih berbicara bahasa Indonesia, bercerita pernah mengunjungi surabaya 20 tahun lalu dan sangat senang bertemu dengan saya. Di kampus, salah satu sensei saya Profesor Sunri ODA juga sangat fasih kalau diajak berbicara mengenai Indonesia karena beliau pernah juga berkunjung ke Indonesia dalam beberapa kali kesempatan.

Fakta di atas seakan menjadi cermin, betapa di tanah air banyak sekali orang yang mencintai segala sesuatu yang berbau Jepang, eh… di Jepang sendiri warga Jepang asli pula ternyata juga banyak yang mencintai segala sesuatu yang berbau Indonesia 🙂

Posted in Tentang Jepang Tagged: aku cinta Indonesia

Silahkan tuliskan Komentar anda

