Tips Memilih Makanan Halal di Jepang


Sebagai seorang muslim yang sedang melanjutkan studi di negeri yang mayoritas non muslim, tentu harus memperhatikan makanan halal atau haram sebelum menyantapnya. Tidak seperti di Indonesia yang dengan mudah kita dapat memperoleh makanan halal, di Jepang kita harus secara cermat memperhatikan jenis-jenis makanan yang halal dan jenis-jenis makanan yang haram.  Satu permasalahan yang mungkin sekali mengganjal bagi mereka yang belum menguasai bahasa Jepang adalah segala informasi yang disajikan di Jepang mayoritas menggunakan huruf kanji, katakana, atau hiragana saja termasuk dalam urusan menampilkan incredient atau bumbu yang terkandung dalam suatu makanan. Untuk mengetahui makanan halal atau haram sebaiknya mengetahui beberapa kanji dan katakana, yang menunjukkan bahwa makanan tersebut haram untuk dimakan khususnya jika ada hendak membeli makanan di supermarket atau pusat perbelanjaan umum di Jepang.

Untuk mengetahui apakah makanan tersebut halal dimakan, perhatikan daftar ingredient atau bumbu makanan tersebut yang umumnya terletak di bagian belakang bungkus makanan tersebut. Jika terdapat katakana atau kanji berikut, maka makanan tersebut termasuk kategori haram yang tidak boleh dimakan sesuai fatwa perhimpunan Muslim di Jepang:

 ショーテニング = Shortening

動物ショーテニング = shortening hewan

ビーフエキス = ekstrak sapi

鳥イキス/ チキンエキス = ekstrak ayam

豚= Babi

肉エキス=  ekstrak daging

ビーフコンソメ = kaldu sapi

コンソメパウダー= serbuk kaldu

 コンソメ = kaldu

洋酒 = Arak

酒 = Sake

アルコール= Alcohol

ブランヂ = Brendi

ラム =  Rum

みりん= sake merah

 マーガリンMargarin

ワイン= wain (minuman Anggur)

 ゼラチン(ゲリ) = Gelatin

油脂 = Lemak

乳化剤 = pengemulsi

Jika kita berniat untuk membeli makanan dari rumah makan atau kantin kampus, beberapa makanan seperti berbagai jenis sea food halal untuk dimakan, Mi instan, udon, soba (ada beberapa yang tak mengandung shoyuu, sake, mirin, kaldu, daging/ayam/babi yang bisa dimakan).  Untuk shoyuu, ada yang tidak mengandung alkohol seperti tokusen maru daizu shoyuu halal untuk dimakan. Sushi, dan sashimi, termasuk juga jenis makanan jepang yang halal untuk dimakan.

Untuk mendapatkan makanan halal secara lebih mudah, selain menghafal beberapa kanji di atas kita dapat pula memesan makanan halal di toko halal yang ada di Jepang. Ada beberapa toko yang cara pemesanannya dapat dilakukan dengan cara mengakses melalui internet, menelepon atau ber sms saja. sedangkan untuk toko-toko lainnya umumnya harus datang langsung ke tempat tersebut. Sebetulnya ada cukup banyak toko makanan halal online yang dikelola oleh mahasiswa Indonesia, sehingga kita bisa juga memesan beberapa makanan dan minuma khas indonesia lewat situs tersebut, termasuk juga bumbu-bumbu dapur dan bumbu makanan instant. kita juga dapat membeli mie indomie, kecap dan saos abc. ada beberapa toko yang dimiliki oleh orang jepang juga menjual bumbu khas indonesia. kalau saya biasanya, selain membeli di toko online juga membeli di toko tersebut. terletak 50 meter dari asrama, berada di pusat perbelanjaan (semacam supermarket di Indonesia). pada acara-acara tertentu kita juga dapat memperoleh makanan indonesia yang disediakan melalui bazar, makanan seperti bakso, siomay batagor juga ada, yang memasak orang indonesia.

update: Bagi pengguna Iphone dan Ipad, mulai awal tahun 2012 ini bisa menggunakan aplikasi untuk mengetahui kandungan halal tidaknya produk makanan, silahkan meluncur ke: http://itunes.apple.com/app/halal-japan/id492541889?mt=8

Bagi pengguna facebook, anda juga bisa menemukan referensi makanan halal di halaman Facebook Serijaya Indonesia.

Advertisements

6 comments on “Tips Memilih Makanan Halal di Jepang

  1. Pingback: Sharing Pengalaman Studi di Jepang (5): Makananku | Mokh. Sholihul Hadi

  2. thanks for u info berguna banget bagi saya untuk mengetahui makanan yang halal sebelum tulang pungung keluarga bekerja disana.

  3. saya ingin mencoba memesan bahan2 makanan halal. bagaimana caranya?
    mohon info selengkap-lengkapnya.
    terima kasih.

    note : saya tinggal di shiohama, Tokyo.

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s