Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang


Seperti umumnya para pelajar Indonesia yang sedang belajar di luar negeri, di Jepang para pelajar Indonesia juga mempunyai perhimpunan pelajar Indonesia di Jepang yang disebut sebagai PPI Jepang (Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang). Berikut ini penjelasan tentang PPI Jepang yang saya ambil dari situs resminya yang beralamat di www.ppi-jepang.org jadi maaf kalo penjelasannya agak kaku gitu he he. Pada saat ini anggota PPI Jepang yang tercatat di bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo adalah sekitar 900 orang (sekitar 300-400 orang tidak terdata) yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Jepang, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Keberadaan pelajar Indonesia di Jepang sangat diperlukan untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi serta etos kerja bangsa Jepang yang dengan sumber daya alam yang sangat terbatas telah mampu membuat Jepang secara ekonomi dan teknologi berada pada posisi yang terhormat di antara bangsa-bangsa lain di dunia.

Keberadaan PPI sebagai organisasi adalah untuk mengkoordinir serta menciptakan sarana diskusi diantara anggota sehingga ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan secara optimal di tanah air. Selain itu, pelajar Indonesia di Jepang secara langsung maupun tidak langsung adalah sebagai duta bangsa, yang membina persahabatan dan hubungan baik antara bangsa Jepang dan Indonesia. Kegiatan-kegiatan pelajar Indonesia di Jepang disadari atau tidak, telah menjadi jendela bagi bangsa Jepang untuk mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

Dalam hubungan antara organisasi dan anggota, asas saling menguntungkan merupakan perekat yang diharapkan mampu menciptakan timbulnya rasa memiliki dari anggota terhadap organisasi, dan dapat bertahan hidupnya organisasi berkat dukungan anggotanya. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan usaha-usaha yang bersifat kerjasama antara PPI dengan Lembaga Pemerintah Indonesia ataupun Jepang terutama yang bersangkutan dengan kepentingan utama anggota, sehingga dapat tercipta suasana dimana keberadaan organisasi memang dirasakan bermanfaat bagi anggota.

Sebelum kedatangan anda ke Jepang, ada baiknya mendaftarkan diri ke mailing list ppi-Jepang untuk mempersiapkan segala sesuatu keperluan dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Anggota PPI Jepang yang sudah cukup mempunyai pengalaman akan dengan senang hati berbagi informasi dan menjawab pertanyaan yang anda ajukan.

PPI Tokodai

Persatuan Pelajar Indonesia komisariat Tokyo Institute of Technology atau biasa disingkat PPI Tokodai adalah Perhimpunan Pelajar Indonesia yang termasuk naungan PPI Jepang dan berada di bawah koordinasi PPI Kanto (Kanto adalah salah satu daerah di Jepang setingkat propinsi di Indonesia yang meliputi kota Yokohama, dan Tokyo). PPI Tokodai beranggotakan kurang lebih 70 orang, yang terdiri dari mahasiswa riset, mahasiswa S1, Mahasiswa S2 dan S3, Mahasiswa postdoctoral, dan Asisten Profesor. Kebetulan saya termasuk salah satu pengurus PPI Tokodai periode 2008-2009. PPI Tokodai secara aktif mengadakan kegiatan di antaranya welcome party (acara penyambutan anggota baru PPI Tokodai), Koudasai (Festival kampus Tokodai) yang pada Oktober tahun lalu kita sambut dengan berjualan masakan Indonesia seperti sate dan kolak pisang , dibakar (diskusi bareng pakar) diskusi bersama para ahli yang “kebetulan” datang ke Tokyo diantaranya diskusi dengan rektor Universita Indonesia yang sedang ada kegiatan di Tokyo, Momiji (kegiatan jalan-jalan mengamati daun berubah warna di Musim gugur) dilakukan di Okutama dan Kamakura, Tisa Sport Festival (ikut bergabung dalam pertandingan bola basket, futsal, bulu tangkis) yang diadakan oleh Persatuan pelajar asing Tokyo Insitute of Technology, Jalan-jalan ke tempat unik di sekitar Tokyo, Hanami (Kegiatan mengamati bunga Sakura di musim semi) dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat website ppi tokodai di http://www.ppitokodai.org/.

Advertisements

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s