Prosedur Perpanjangan Paspor dan Visa di Jepang


Tidak terasa sebentar lagi saya harus melakukan lagi prosedur perpanjangan paspor dan visa. Sebagai pemegang paspor biru (paspor dinas), saya mempunyai kewajiban untuk perpanjang paspor tiap dua tahun sekali demikian juga untuk visa saya yang akan mengikuti berapa durasi lama saya tinggal di Jepang berdasarkan batas tanggal paspor yang tertera. Untuk perpanjangan paspor saya harus pergi ke kedutaan besar republik Indonesia di Tokyo. Kebetulan saya berdomisili di area tokyo juga, jadi hal ini tidak menjadi masalah. Untuk perpanjangan visa, saya harus pergi ke kantor imigrasi terdekat dari wilayah tempat tinggal, dalam hal ini saya akan memperpanjang visa di kantor imigrasi shinyurigaoka dekat tempat tinggal saya. Perpanjangan paspor dan visa kali ini adalah untuk yang kedua kalinya bagi saya, tapi saya hampir lupa persyaratan apa saja yang perlu dibawa. Setelah mencari-cari lagi informasi, akhirnya saya taruh prosedur perpanjangan tersebut di posting ini, hitung-hitung disamping bisa berguna buat anda pembaca blog ini juga bisa berguna buat saya sendiri :)

Prosedur untuk Perpanjangan Paspor Biru:

1.     Sudah melapor/terdaftar di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo.
2.     Telah menyampaikan laporan belajar sampai periode tiga bulan terakhir.
3.     Mengisi dengan lengkap seluruh Data-data Keterangan Pemegang, pada halaman dalam jilid belakang paspor.

4.     Menyampaikan surat permohonan kepada Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo.
5.     Surat persetujuan tugas belajar dari Sekretariat Kabinet RI yang masih berlaku.
6.     Surat Keterangan tugas belajar dari instansi ybs.
7.     Surat jaminan biaya dari sponsor.
8.     Photo ukuran 4X6 sebanyak 1 buah.
9.     Formulir Perpanjangan Masa Berlaku Paspor dari Bidang Protokol/Konsuler. (formulir ini dapat diperoleh di Bidang Dikbud  KBRI

Tokyo).
10.   Diurus paling lambat 14 hari sebelum habis masa berlakunya paspor.
11.   Untuk perpanjangan Paspor Dinas tidak dikenakan biaya administrasi.

Apabila diurus melalui pos, diharuskan melampirkan amplop [ukuran 12 cm x 23.5 cm] yang sudah ditulisi nama dan alamat lengkap serta perangko seharga 560 yen, dan diharuskan mengirimkan paspornya melalui pos tercatat/register mail (kakitome).

Bagi yang memiliki paspor biasa (warna hijau), untuk pengurusan paspor, silahkan menghubungi langsung Bagian Imigrasi KBRI Tokyo (tel. 03-3441-4201).

Download Formulir
1. Formulir Perpanjangan Paspor Dinas

 Prosedur untuk Pemegang paspor hijau:

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI Formulir ini bisa didapatkan di kedutaan. Formulir terdiri dari formulir permohonan paspor dan formulir lapor diri.
  2. Melampirkan fotocopy persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
    • Bukti domisili, yang dimaksudkan disini adalah ‘gaikokutorukoshomeisho’
    • Identitas diri, antara lain: – Akte kelahiran – Ijazah/Surat keterangan kerja – Surat nikah/akte perkawinan
    • Paspor lama
    • 4(empat) lembar foto ukuran 3×4 cm dengan latar belakang warna merah  putih
  3. Biaya paspor RI sebesar 2500 Yen (dua ribu lima ratus yen)

Beberapa tips-tips yang bisa memperlancar pengurusan perpanjangan paspor:

  1. Perhatikan hari-hari libur kedutaan. Jangan sampai anda datang pada saat hari libur nasional Jepang atau hari libur Indonesia (terutama pada saat cuti bersama). Hari libur kedutaan adalah hari libur nasional Indonesia dan hari libur nasional Jepang.
  2. Jam pengurusan paspor 09:30-12:00 untuk permohonan dan 13:30-16:30 untuk pengambilan paspor. Saya sarankan untuk datang lebih awal untuk pengurusan paspor karena ada kemungkinan anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang lupa anda bawa.
  3. Pengurusan paspor memerlukan waktu 3 hari kerja. Pengambilan paspor bisa dilakukan sendiri atau saudara bisa meminta staff kedutaan untuk mengirimkannya ke tempat saudara tinggal dengan pos.
  4. Foto dengan latar belakang warna putih bisa anda persiapkan sebelum kita mengurus paspor.
    • Alternatif pertama, Saudara bisa mengambil foto dengan digital kamera dan memprintnya dengan printer atau mencetak di lab foto.
    • Alternatif kedua, saudara bisa mengambil foto di box foto yang disediakan di kedutaan dengan harga 800 yen sekali foto. Namun, box foto di kedutaan terkadang rusak.
    • Alternatif ketiga, saudara dapat mengambil foto di studio foto yang akan ditunjukkan oleh staff kedutaan. Biaya relatif cukup mahal 2000 yen lebih.
    • Alternatif keempat, saudara bisa membeli kertas karton putih di 100 yen shop. Bawa ke box foto yang banyak tersedia di dekat stasiun / ‘eki’, tempelkan karton tersebut sebagai latar belakang dan ambil foto. Biaya sekitar 500 yen.
  5. Perpanjangan paspor bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa paspor habis berlaku. Jika memang diperlukan saudara juga bisa memperpanjang 6 bulan lebih sebelum masa paspor berlaku dengan menyertakan keterangan alasannya.
  6. Jikalau paspor saudara hilang, saudara harus melampirkan surat keterangan hilang paspor dari kantor polisi terdekat.
                                                                                           

syarat-syarat perpanjangan visa:

1. Mengunduh 3 form (form for applicant, form for organization, form for visa extension) yang mesti diisi di tautan ini : http://www.moj.go.jp/ONLINE/IMMIGRATION/16-3-1.html (silahkan mengunduh di file yang bertuliskan huruf kanji: 勉学). Setelah diunduh silahkan diisi form-form tersebut.

2. Melampirkan syarat-syarat sebagai berikut :

2.a. daigaku shoumeisho (surat keterangan sebagai mahasiswa)

2.b. seiseki shomeishou (transkrip nilai)

2.c. surat keterangan beasiswa (atau untuk yang biaya sendiri bisa dengan melampirkanzandaka shoumeisho (surat keterangan tabungan yang bisa diminta di bank tempat kita menabung))

2.d. gaikokujin touroku shoumeisho (surat keterangan dari kantor kecamatan (shiyakusho) yang berharga 300 yen)

3. Membawa syarat no.1 dan no.2 ke kantor imigrasi terdekat. Saat menyerahkan syarat tersebut biasanya juga diminta paspor, alien registratrion card (KTP Jepang) dan kartu mahasiswa.

4. Kalau semua syarat-syarat perpanjangan visa terpenuhi, kita akan diminta mengisi nama dan alamat pada selembar kartu pos yang nanti akan dikirimkan kembali ke rumah yang berfungsi untuk memberitahukan bahwa visa kita sudah bisa diperpanjang dan kita diminta kembali ke kantor imigrasi dengan membawa paspor. Dari proses aplikasi hingga kartu pos ini sampai ke rumah kira-kira memakan waktu sekitar 2 minggu.

5. Setelah kartu pos ini sampai di rumah kita, maka dengan membawa paspor kita kembali ke imigrasi lalu mengisi form untuk membayar biaya perpanjangan visa (formnya bisa langsung di isi di kantor imigrasi) dengan cara menempelkan materei senilai 4000 yen di atas form tersebut.

About these ads

16 comments on “Prosedur Perpanjangan Paspor dan Visa di Jepang

  1. hwehehe,Alien Registration Card
    =KTP jpn…gtu y mas?salam kenal…numpang baca,smua menarik…update trus y mas…

  2. Arigatou infonya mas Sholihul, bermanfaat bwt sy yg kebetulan sedang mau perpanjang paspor, dan kebetulan juga di website resmi KBRI (http://www.kemlu.go.id/tokyo) infonya entah ada di mana :).

    N mau nanya dikit nih,
    – gaikokutorukoshomeisho itu apa ya?
    – Identitas diri itu apa hrs semua atau salah satu sj cukup?
    – n dulu mas Sholihul fotonya gmn btw? kynya agak ribet klo hrs nempel2in red background d photobox, sy bs sih foto pk kamera sndiri, tp nyetaknya g tau dmn

    makasih sblmnya mas, n gomen nanya2 banyak neh hehe.. :mrgreen: habis d web KBRI g tau bs nanya dmn, g ktmu kontak info urusan paspor.

  3. wah mas syeilendra, makasih sudah mampir :)
    – gaikokutorukoshomeisho itu istilah lama untuk gaikokujin torokushomeiso alias alien card.
    – bawa alien card saja sudah cukup kok
    – kebetulan saya paspor dinas, jadi foto dengan background putih. dulu saya foto sendiri di rumah terus filenya dicetak di mesin cetak foto yang ada di seven eleven. bisa bawa flashdisk atau memory card, trus file fotonya disimpan jpg atau jpeg saja. ukuran 3×4 sebanyak empat lembar cuma 80 yen. instruksinya dalam bahasa jepang tapi mudah diikuti.
    kalau photobox yang ada background merah sebetulnya di kbri ada, di dekat pintu masuk imigrasi paspor hijau. cuman kira2 habisnya lebih banyak, sekitar 800 yen. dulu ingatnya pas ngurus paspor buat si kecil.

    kalau ada lagi yang mau ditanyakan silahkan saja lho、 siapa tahu bisa menjawab :)

  4. Thanks mas Sholihul, kemarin sy sdh ke KBRI n skrg prpanjangannya sedang diproses, iya ada photo booth 800 yen dsana.

    O iya mungkin bs skalian update info utk paspor hijau, so skrg background foto nya trnyata jd warna putih, n biayanya jd JPY 2500.

    Sekalian mau request klo gt hehe.. :) klo kbetulan ada waktu mungkin bs bikin artikel ttg cara pakai mesin cetak foto d seven eleven, pasti berguna bgt bwt umat mas, lha 10 kali lebih murah dari photo booth soalnya :mrgreen:

  5. Thanks ya infonya…saya lg bljr bhs di nagoya..kalo cumaau perpanjang 3bln kira2 bs gak?perpanjang visa itu harus dtg sendiri?sekolah yg bersangkutan apa bisa?tlg infonya ya..thx

  6. @ dita n nana: kalau perpanjangan visa, biasanya di formulirnya ada kolom isian untuk proxy atau orang yang mewakili. jadi sepertinya bisa diwakilkan. lebih jelasnya kontak imigrasi setempat. kalo perpanjangan paspor bisa tanya ke kbri kewat telepon yang sdh saya tulis di atas. goodluck

  7. Mau tanya, kalau perpanjang visa 1minggu sebelum tgl mati visa bisa gak ya? Saya baru ngeh dan kebetulan 1minggu lg visa mati!

  8. tergantung dokumen mas putu lengkap apa tidak, jika sebagai pelajar biasanya diperlukan surat rekomendasi dari kampus tempat belajar, dan itu memakan waktu 1 minggu, artinya secara normal mepet. Tapi coba mas Putu konsultasikan dengan pihak kampus atau profesor mas untuk bisa proses tersebut dipercepat.
    Yang penting waktu datang untuk apply visa di imigrasi harus tepat waktu sebelum deadline lewat.
    Jika dokumen mas Putu sudah lengkap sekarang maka tidak masalah, jadi bisa langsung ke Imigrasi.
    intinya komunikasi dengan guarantornya mas Putu.
    good luck

  9. Salam kenal sebelumnya ya.. hehe.. Kalau boleh bertanya, surat keterangan beasiswanya didapat dari mana ya..? Beasiswa saya adalah Dikti.

    Terima kasih sebelumnya

    Arie
    Hiroshima

  10. kalau untuk beasiswa dikti lampirkan saja foto kopi buku tabungan terakhir, asal minimal saldo di atas 100 rb yen sdh ok kok mas arie. lebih amannya coba isi 200rb yen. kalau sdh setor fc buku tabungan, gak perlu setor surat keterangan beasiswa.

  11. Dari eki shinagawa untuk menuju KBRI tokyo untuk lebih mudahnya naik transfortasi apa mas brow. Gw di shizuoka ne
    andiszoneaz.blogspot.com

Silahkan tuliskan Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s